eksotiknya situ cileunca pangalengan

Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Berbicara tentang Bandung Selatan, mungkin ingatan kita langsung mengarah ke Ciwidey yang memiliki wisata Kawah PutihSitu Patenggang, ataupun Ranca Upas. Jika anda selama ini lebih sering berkunjung ke wilayah Ciwidey, maka cobalah untuk berkunjung ke wilayah Pangalengan yang juga berada di ketinggian dan memiliki udara yang tak kalah sejuk dibanding Ciwidey. Dengan jarak sekitar 50 kilometer dari pusat Kota Bandung, tempat ini dapat dijangkau dengan waktu tempuh ± 2 jam dengan kendaraan pribadi. Daerah Pangalengan Kabupaten Bandung sudah lama terkenal dengan kebun teh dan salah satu penghasil susu terbaik di Bandung. Tapi, ada satu objek wisata alam yang membuat banyak wisatawan untuk datang ke Pangalengan, yaitu wisata yang dikenal dengan nama Situ Cileunca Pangalengan.

 

Jam Buka dan Tiket Masuk ke Situ Cileunca Pangalengan

Untuk dapat memasuki kawasan Wisata Situ Cileunca Pangalengan, anda bisa datang kapanpun/ buka 24 jam. Sebaiknya anda datang pada pagi hari agar anda bisa menikmati banyaknya wahana di wisata ini dengan leluasa. Jika anda ingin masuk ke wisata ini, anda harus membayar tiket masuk sebesar :

 

 

Karcis Tanda Masuk :

  1. Orang Dewasa            : Rp. 5.000/ orang
  2. Anak-anak                  : Rp. 2.500/ orang
  3. Mobil/ Bus                  : Rp. 4.000
  4. Motor+Pengendara      : Rp. 12.000

 

Biaya Outbond :

  1. Flyingfox                    : Rp. 35.000
  2. Painball (40 peluru)     : Rp. 90.000
  3. Panahan                     : Rp. 45.000
  4. Teambuilding Games  : Rp. 100.000 (min. 20 orang)

 

Paket Makan :

  1. Harga Paket                : Rp. 25.000 – Rp. 35.000
  2. Rebusan/Gorengan      : Rp. 15.000

Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan

 

 

Perjalanan yang akan kita tempuh menuju Wisata Situ Cileunca Pangalengan menampilkan suasana yang begitu menyejukkan. Setelah melewati Pasar Banjaran kita berbelok ke kiri menuju jalan Raya Banjaran-Pangalengan. Jalanan disini mulai mendaki dan akan mulai berkelok kelok setelah melewati Kecamatan Cimaung. Jalanan tidak akan terlalu sulit ditempuh di pagi hari karena jalan masih sepi dan membuat perjalanan anda lancar. Sesampainya di wilayah Pangalengan, anda akan menemukan bundaran yang memisahkan jalan ke kiri untuk menuju ke arah Perkebunan Teh Malabar dan Cibolang, sedangkan untuk menuju ke Situ Cileunca anda harus mengambil arah jalan ke kanan. Dari sini, jalanan sedikit menurun dan beberapa saat kemudian sampailah anda di wilayah Situ Cileunca. Dengan membayar tiket sebesar Rp 5000/orang anda bisa memasuki area wisata ini. Perjalanan yang sangat indah, ditemani kebun teh dan pepohonan hijau di kiri-kanan jalan, mengiringi deru suara kendaraan anda menaklukkan jalanan yang berliku-liku.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung ?

Jelajahi Situ Cileunca

Tahun 1918, daerah yang sunyi dipenuhi pohon dan tanaman belantara ini dibuat danau buatan diatas ketinggian 1550 mdpl, dengan luas sekitar 1.400 Ha dan kedalaman mencapai 17 meter. Situ Cileunca merupakan danau buatan yang dibangun Belanda hingga tahun 1926. Danau ini dibuat untuk keperluan pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Energi listrik yang dihasilkan PLTA tersebut digunakan untuk keperluan energi listrik pabrik teh dan sebagian keperluan energi listrik warga Kota Bandung pada zaman penjajahan Belanda. Seiring berjalannya waktu, danau buatan ini bertransformasi menjadi objek wisata karna menyajikan panorama alam yang luar biasa indahnya.

 

 

Di area utama ini anda bisa menikmati Situ Cileunca dari pinggir danau. Namun, jika anda ingin menuju ketengah danau dan menjelajahi setiap sisi danau, disediakan fasilitas berupa perahu kayu yang dilengkapi dengan mesin. Harga yang ditawarkan untuk perahu ini sekitar Rp. 75.000 setiap perahunya dan dapat diisi sekitar 10 orang. Dengan begitu jika perahu tersebut terisi penuh, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 7.500/ orang. Cobalah duduk di ujung perahu, sesekali jatuhkan kaki anda ke dalam air. Rasakan percikan dinginnya air yang mencoba untuk merelaksasi kaki anda.

 

 

Agar bisa mendapatkan view/ pemandangan yang bagus untuk anda yang ingin berfoto, terutama bagi anda yang hobi fotografi, sebaiknya anda datang ke Wisata Situ Cileunca Pangalengan sepagi mungkin sebelum matahari terbit. Sebab, view permukaan danau di pagi hari akan terlihat lebih keren dengan balutan kabut tipis di atas permukaan air danau ditambah dengan segarnya udara yang bisa kita hirup. Selain itu, gradasi warna langit pagi yang memerah menjelang matahri terbit memantul sempurna di permukaan danau bagaikan sebuah cermin raksasa. Jadi, jangan lupa untuk menyiapkan kamera anda dan berfoto dengan latar belakang danau yang indah ini.

Rafting dan Outbound Pangalengan Situ Cileunca

 

 

Bagi anda yang suka tantangan, anda bisa mencoba wahana arung jeram atau rafting di wisata ini. Lokasinya di Sungai Palayangan yang airnya berasal dari Situ Cileunca. Agar bisa menikmati wahana rafting ini biasanya kita ikut paket wisata yang disediakan oleh pihak pengelola. Jadi, anda bisa memilih paket dengan fasilitas tertentu dengan tambahan wisata outbound seperti flying fox, penginapan, makanan, dan lain-lain.

 

 

Rafting Pangalengan Sungai Palayangan merupakan kegiatan wisata yang paling populer di Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan.

Rafting atau disebut dengan arung jeram merupakan kegiatan wisata yang masuk dalam kategori olahraga air. Rafting Pangalengan merupakan olahraga air yang menguji adrenalin anda yang begitu menegangkan sekaligus memberikan kesan tersendiri. Sebaiknya, jika anda memilih kegiatan raftingpangalengan ini, anda harus benar-benar dalam kondisi yang sangat prima. Selain tubuh anda akan basah kuyup, kegiatan arung jeram juga membutuhkan banyak tenaga. Biaya Rafting Pangalengan untuk satu kali perjalanan sebesar Rp. 185.000,- / orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya perahu, pemandu, P3K, transportasi lokal, konsumsi, dan pemandu. Sebelum mulai rafting, semua peserta akan diberikan pengarahan terlebih dahulu seputar keamanan dan instruksi-intruksi yang harus dipatuhi agar kegiatan berjalan dengan lancar. Secara umum, satu perahu bisa diisi maksimal 6 orang termasuk instruktur.

 

 

Sebelum anda mencoba rafting di kawasan ini, terlebih dulu 2 orang yang duduk paling depan berlatih mendayung mengikuti instruksi langsung dari pemandu seperti kanan, kiri, belakang. Sedangkan untuk seluruh peserta harus menunduk apabila mendengar kata “Boom”, yang hampir kita dengar tiap saat. Perahu pun diangkat ke daratan untuk melewati jembatan dan menyeberang menuju lokasi arung jeram di Sungai Palayangan. Rafting di Sungai Palayangan ini termasuk tingkatan 4, mempunyai panjang 5 km dan menghabiskan waktu kira-kira sekitar 1,5 jam.

Dimulai dari Situ Cileunca sebagai posisi awal. Ada beberapa tipe jeram yang akan anda lalui dalam kegiatan rafting Pangalengan ini diantaranya adalah Jeram Rungkun, Jeram Ice, Jeram Domba, Jeram Blender, Jeram Selamat Datang, dan Jeram Rodeo. Sepanjang lintasan jeram kita disuguhkan pemandangan yang begitu menajubkan seperti huta pohon karet, perkebunan teh yang hijau, dan suasana alam yang begitu damai. Terdapat banyak jeram yang akan membuat jantung anda berdegup kencang, mulai dari Jeram Selamat Datang, Jeram Blunder, dan Jeram Domba. Saat melewati Jeram Blunder, anda akan merasakan sensasi luar biasa karena posisinya yang menukik tajam ke bawah. Sepanjang perjalanan anda akan menikmati arung jeram ini sambil teriak tak tentu arah.

 

 

 

Selain arung jeram, Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan juga menyediakan fasilitas wisata outbond seperti flyng fox, panahan, pangalengan tour dan juga permainan paint ball yang sering di lakukan oleh para wisatawan. Aktfitas ini menambah daya tarik dari Situ Cileunca, selain bisa menikmati alamnya yang khas, anda juga bisa melakukan permainan yang bermanfaat untuk merekatkan hubungan antar tim kerja. Maka tak heran kebanyakan wisatawan yang melakukan aktifitas ini adalah mereka yang berasal dari perusahaan atau organisasi dan unit pelayanan pemerintah. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan harga paket Outbound Fun Gathering beberapa di antaranya seperti paket :

 

Paket Outbound :

  1. Rafting Sungai Palayangan (2 Jam)           : Rp, 175.000
  2. Teambuilding Games (min. 20 orang)        : Rp. 100.000
  3. Flyngfox Lintas Danau (200 m)                 : Rp. 35.000
  4. Painball (40 peluru)                                    : Rp. 90.000
  5. Panahan (8 anak panah)                             : Rp. 45.000
  6. Pangalengan Tour                                       : Rp. 300.000

 

Paket Akomodasi :

  1. Klumpu Huts (7 orang)                              : Rp. 3.200.000
  2. Paket Camping (3 orang)                           : Rp. 250.000

 

Paket Pendukung :

  1. Karaoke                                                      : Rp. 1.000.000
  2. Dokumentasi foto + Backup CD               : Rp. 750.000

 

Paket BBQ :

  1. Kambing Guling (30 orang)                       : Rp. 2.500.000
  2. Ayam Bakar + Saus                                   : Rp. 85.000
  3. BBQ Sate                                                   : Rp. 45.000
  4. Jagung Bakar                                              : Rp. 10.000

Camping di Situ Cileunca dan Jembatan Cinta

 

 

Berkunjung di Situ Cileunca lalu ingin mencoba wahana lainnya seperti arung jeram dan outbound, tidak bisa membutuhkan waktu 1 hari saja, sehingga anda disarankan untuk menginap atau populer dengan sebutan camping. Berkemah di pinggiran danau akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi anda yang hidup di lingkungan perkotaan. Pada pagi hari ketika kita bangun dari tidur, udara sejuk khas pangalengan sudah pasti akan menemani anda ketika anda memutuskan untuk bermalam di Situ Cileunca. Namun anda tak perlu khawatir direpotkan dengan membawa peralatan kemah, di Situ Cileunca terdapat Citere Camping Ground yang menyediakan semua fasilitas berkemah seperti tenda, matras, lampu penerangan, alat memasak, kayu bakar, dan lain sebagainya. Camping Ground citere juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dan dan toilet yang dilengkapi dengan shower. Bagi anda yang berkunjung bersama keluarga ataupun rekan kerja anda, jangan sampai momen ini terlewatkan. Jika anda memiliki hobi memancing, seraya kemah anda bisa menghabiskan waktu untuk memancing ikan jenis air tawar di tepi danau, lalu membakarnya bersama teman-teman anda.

 

 

Satu lagi yang membuat menarik Situ Cileunca adalah keberadaan Jembatan Cinta. Apakah bentuknya cinta? Atau berada dekat pulau berbentuk hati? Pastinya bukan. Disebut Jembatan Cinta karena setiap sore banyak pasangan yang berkunjung ke Jembatan Cinta. Alasan lainnya karena Jembatan Cinta menghubungkan dua desa, jadi banyak pasangan dari dua desa itu terpisahkan dan akhirnya bertemu di Jembatan Cinta. Jembatan Cinta awalnya dibangun oleh pemerintah desa di atas Situ Cileunca, dimaksudkan untuk membantu mobilitas dan ekonomi warga antara dua pulau. Bagi anda yang suka fotografi, jangan lewatkan momen ini karena banyak angle artistik yang akan menghasilkan foto yang indah.

 

 

Dilengkapi dengan latar belakang pegunungan dan perbukitan alami yang sangat indah. Di sekitar Situ Cileunca juga terdapat perkemahan yang begitu menyenangkan. Situ Cileunca Pangelangan juga disambungkan dengan Sungai Palayangan yang akhirnya membuka jaalan bagi anda terhadap fasilitas flying fox dan arum jeram dengan berbagai varian tarif dan fasilitas yang berbeda setiap paketnya. Gugusan pegunungan di sebelah timur terlihat megah nan kokoh, yakni Gunung Wayang Dan Gunung Windu serta kepulan asap yang keluar dari panas bumi di kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Wayang Windu pun menambah keindahan pemandangan sekitar Situ Cileunca. Jadi, tunggu apa lagi? Rasakan sensasi di Wisata Alam Situ Cileunca Pangelangan bersama pasangan, sahabat, dan rekan anda.

 

Kontak Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan

Kantor Cileunca Lakeside

Alamat Jl. Pinus IV Nomor 31, Cinambo, BandungJawa Barat

  1. Email               : info@cileuncalakeside.com
  2. Telp                 : 022-63722661, 0811-2296-85
  3. Instagram        : @cileuncalakeside

Kantor Outbound Cileunca Adventure

Alamat Jl. Terusan Situ Cileunca, Pangelangan, BandungJawa Barat

  1. Email               : info@outbound-bandung-cileunca.com
  2. Telp                 : 0852-9408-9506, 0878-2320-1808
  3. PIN BBM       : 7FA5E978

 

Transportasi Menuju Wisata Alam Situ Cileunca Pangalengan

Kendaraan Pribadi

Jarak dari pusat Kota Bandung ke lokasi Wisata Alam Situ Cileunca Pangelangan berjarak sekitar 45 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam. Berikut rute wisata Situ Cileunca Pangelangan yang bisa anda lewati jika berangkat dari Jakarta

  1. Tol Buah Batu – Bojongsoang – Dayeuhkolot – Banjaran – Pangalengan – Situ Cileunca.
  2. Tol Baros – Nanjung – Patrol – Cipatik – Soreang – Banjaran – Cimaung – Pangalengan – Situ Cileunca.
  3. Tol Kopo – Sayati – Margahayu – Soreang – Banjaran – Cimaung – Pangalengan – Situ Cileunca.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »